AKREDITASI RS JCI PDF

The hospital provides JCI with accurate and complete information throughout all Only hospitals with current JCI accreditation may display the Gold Seal. 1 KELOMPOK STANDART PELAYANAN BERFOKUS PADA PASIEN BAB I AKSES KE PELAYANAN DAN KONTINUITAS PELAYANAN (APK). JCI. Joint Commission International. JKN. Jaminan Kesehatan Nasional Komisi Akreditasi Rumah Sakit (Indonesian Hospital Accreditation.

Author: Mazuk Sakree
Country: Egypt
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 17 October 2014
Pages: 280
PDF File Size: 13.41 Mb
ePub File Size: 9.15 Mb
ISBN: 361-2-90982-297-2
Downloads: 5121
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gulabar

Klasifikasi antibiotika berdasarkan Anatomical Therapeutic Chemical Classification System ATC terdiri dari 5 tingkat yaitu grup anatomi utama antiinfeksi untuk penggunaan sistemikgrup terapi antibakteri untuk penggunaan sistemikgrup farmakologi golongan antibakterisub grup farmakologi, dan nama kimia antibiotika. Perhitungan kuantitatif antibiotika bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan antibiotika di rumah sakit maupun komunitas.

March akreditaxi, 6 Comments.

akreditasi rs jci pdf

Program kerja, notulen dan laporan rapat, SK pembentukan KFT, jadwal kegiatan, kerangka acuan program, Formularium yang direvisi minimal setiap 3 tahun, Standar terapi untuk RSU, minimal mencakup Pelayanan Medis Spesialistik DasarLaporan jxi penulisan resep dan penggunaan obat generic, Kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan obat di rumah sakit, catatan evaluasi dan tindak lanjut. Sumber data penggunaan antibiotika dapat diperoleh dari data pembelian, catatan penyiapan antibiotika maupun rekaman pemberian antibiotika.

Pengambilan data dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Dengan dilakukannya perbaikan mutu maka diharapkan dapat membawa dampak positif diantaranya mengoptimalkan pengobatan pasien, meminimalkan waktu rawat inap, efektivitas biaya dan mengembangkan farmasi klinik jco RSU Dr.

This site uses cookies. February 4, Leave a comment. Lembar tersebut telah digunakan oleh tim farmasi klinik PPRA dan mahasiswa ketika mencari studi kasus. SK organisasi, Bagan organisasi dengan pejabatnya, uraian tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab secara tertulis, bukti penyebaran informasi, catatan evaluasi.

  KINGDOMS OF AMALUR BLACKSMITHING PDF

Dan ketika dievaluasi ternyata belum banyak informasi tentang pasien yang bisa dikaji. Praktek googling dimulai dengan memanfaatkan www.

Karena pelayanan farmasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan rumah sakit. Pengkajian secara kualitas tidak dapat dilakukan sendiri oleh tim farmasi klinik, tetapi harus melibatkan tim lain — mikrobiologi klinik dan patologi klinik — untuk mendapat hasil evaluasi yang memadai.

November 10, Leave a comment. Untuk penggunaan di rumah sakit, dihitung sebagai DDD per patient-days. Semoga lembar ini dapat berguna dan menunjang peran farmasis. Pelatihan yang berlangsung hampir 5 jam, berakhir tepat pada pukul Ketetapan pimpinan RS tentang jadwal rapat, notulen rapat, daftar hadir, laporan, rekomendasi dan tindak akreditqsi.

Kalimat tersebut sering ku dengar ketika kuliah bidang minat industri farmasi, magang di industri farmasi di citereup, bogor dan tempat akrefitasi bekerja di solo. Perhitungan tersebut berlaku untuk tiap antibiotika yang digunakan.

– It’s me – | Thinking outside of box

Akrediasi terdaftar di departemen kesehatan, surat terdaftar di asosiasi profesi, surat ijin kerja, surat persetujuan penempatan dari kanwil depkes setempat, surat keputusan direktur, ijasah, sertifikat.

Pengembangan terus berlanjut meskipun aku pindah ke bagian obstetric dan bagian bedah anak serta combustio. Berikut di bawah ini 7 standar pelayanan farmasi yang harus dipenuhi dalam akreditasi rumah sakit:. Program orientasi, jadwal kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, akreditasj evaluasi. DDD adalah dosis rata-rata harian untuk indikasi tertentu pada orang dewasa.

Namun rasa optimisku akan penerapan dokumentasi farmasis tetap ada karena mereka mempunyai minat yang akreditaasi terhadap patient-oriented pharmaceutical care. Mereka layak bingung -begitupun aku- karena tahun ini merupakan tahun terakhir akreditasi rumah sakit dengan auditor KARS. Sedangkan cara tidak langsung adalah biaya pembelanjaan antibiotika dan jumlah antibiotika yang dibeli.

  AUTOBIOGRAFIA RVCC PDF

Setelah berulang kali merubah format, akhirnya di bulan agustus aku mendapatkan format yang cukup memadai untuk menggambarkan kegiatan farmasis, perkembangan terapi, perbaikan kondisi hingga permasalahan terkait obat. Format dokumentasi farmasis yang aku kembangkan terdiri dari 5 lembar L1-L5. Program pendidikan dan pelatihan, jadwal kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, catatan evaluasi, sertifikat. July 8, Leave a comment. Untuk mengurangi permasalahan tersebut, pada tahun Departemen Kesehatan Indonesia mengeluarkan pedoman yang berjudul Antimicrobial Resistance, Antibiotic Usage and Infection Control: Kemudian googling dilanjutkan dengan mencoba http: By continuing to use this website, you agree to their use.

Tim Farmasi Klinik —wakil dari Instalasi Farmasi— memiliki kewenangan untuk melakukan evaluasi penggunaan antibiotika secara kualitas dan kuantitas. Hasil yang diperoleh tersebut mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu negara terbaik dalam penerapan QC Tools. Dokumentasi farmasis bermula dari log book yang mencatat semua aktivitas harianku, mulai dari mengabsen pasien, mengecek ketersediaan obat, melihat terapi pasien, meminta resep ke dokter, menyiapkan-distribusi obat, meng-update kondisi pasien hingga konfirmasi ke dokter.

Data penggunaan antibiotika diperoleh dari patient—level maupun aggregate—level. December 16, Leave a comment. November 25, Leave a comment. Evaluasi dan Pengendalian Mutu.

akreditasi rs jci pdf

Audit Kuantitatif Antibiotika February 4, 9 Comments. SK akrefitasi kebijakan pelayanan farmasi dari pimpinan rumah sakit, bukti sosialisasi. Dari Patient-level data akan diketahui hubungan antara sebelum-saat penggunaan antibiotika dengan resistensi antibiotika, hubungan antara penggunaan antibiotika dengan hasil luaran klinis; dan sebagai pelengkap pada aggregate—level data.