FOTOPERIODISME TUMBUHAN PDF

fotoperiodisme tumbuhan pdf reader. Quote. Postby Just» Tue Aug 28, 20 am. Looking for fotoperiodisme tumbuhan pdf reader. Will be grateful for any. Peranan Cahaya Terhadap Tumbuhan a) Fotoperiodisme Lama penyinaran relative antara siang dan malam dalam 24 jam akan. Faktor esensial pertumbuhan dan perkembangan tanaman; Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis.

Author: Mikajind Moogusar
Country: Singapore
Language: English (Spanish)
Genre: Spiritual
Published (Last): 5 November 2005
Pages: 332
PDF File Size: 2.25 Mb
ePub File Size: 4.53 Mb
ISBN: 752-3-89723-860-7
Downloads: 95239
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Sharamar

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies.

Mereka segera menemukan bahwa istilah hari pendek dan hari panjang merupakan salah kaprah misnomer. Intensitas cahaya yang tinggi di daerah tropis tidak seluruhnya dapat digunakan oleh tanaman.

Fotoperiodisme

Banyak sepesies membutuhkan periode dingin atau temperaturnya mendekati pembekuan selama 2 sampai 6 minggu agar dapat berbunga pada waktu fotoperiode panjang pada tumbihan semi. Tanaman Berhari PanjangTanaman berhari panjang adalah tanaman yang menunjukkan respon berbunga lebih cepat bila panjang hari lebih panjang dari panjang hari minimum kritis tertentu, atau disebut pula tanaman bermalam pendek yakni Tumbuhan yang memerlukan lamanya siang hari lebih dari 12 jam untuk terjadinya proses perbungaan, seperti gandum, bayam, dll.

Tumbuhan hari netral contohnya mentimun, padi, wortel liar, dan kapas. Tanaman yang peka terhadap fotoperiode, pembungaan dan pembentukan buahnya sangat ditentukan oleh panjangnya hari sebesar 15 menit saja sudah berarti bagi terbentuknya bunga. Penyelidikan sebenarnya telah menunjukkan bahwa panjang gelaplah yang penting, mengganggu waktu gelap dengan adanya cahaya dapat menghalangi pembungaan pada tumbuhan hari pendek. Disamping itu pertumbuhannya vegetative yang tersedia pada saat itu belum mencukupi untuk mengantarkan tanaman kepembungaan, disamping benyak system hormone, enzim dan lain-lain juga belum siap.

Pada tanaman jagung respon ketika intensitas cahaya berlebihan berupa penggulungan fotopdriodisme daun untuk memperkecil aktivitas transpirasi. Protoklorofilida a, pigmen cahaya yang menyerap cahaya merah dan birubias tereduksi menjadi klorofil Aa Ramli, Produksi klorofil terpacu oleh cahaya Pembukaan daun terpacu oleh cahaya Pemanjangan batang terhambat oleh cahaya Perkembangan akar terpacu oleh cahaya.

Tumbuhan hari sedang, tumbuhan yang berbunga jika terkena penyinaran kira-kira 12 jam sehari. Contoh dari fototropisme adalah pertumbuhankoleoptilrumputmenuju arah datangnya cahaya. Ia — Hidrologi Lj Documents. Fotomorfogenesis adalah Pengendalian morfogenesis oleh cahaya5. Tumbuhan hari netral, tumbuhan yang tidak responsif terhadap panjang hari untuk pembungaannya.

  ATHEROS ATTANSIC F1 PDF

Tumbuhan tidak bisa berbunga terlalu cepat sebelum organ-organ penunjang lainnya siap, misalnya akar dan daun lengkap. Pengaruh cahaya pada perkecambahan: Kadar gulaTinggiRendahEmpat penerima cahaya dalam tumbuhan pigmentasi antara lain: Stimulus lingkungan yang paling sering digunakan oleh tumbuhan untuk mendeteksi waktu dalam satu tahun adalah fotoperiode, yaitu suatu panjang relative malam dan siang.

Beberapa jenis tumbuhan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh lamanya penyinaran, terutama dengan kapan tumbuhan tersebut akan memasuki fase generatifnya,misalnya pembungaan.

fotoperiodisme tumbuhan pdf reader

POSIX implementations aren’t especially difficult, but I don’t have the confidence in writing something I’d want to show off. Di daerah garis lintang rendah, cahaya matahari menembus atmosfer dan membentuk sudut yang besar dengan permukaan bumi.

Kualitas cahaya atau komposisi panjang gelombangIntensitas cahaya atau kandungan energi dari cahaya. Proporsi cahaya yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan hasil fotosintesis dan kebutuhan respirasi disebut titik kompensasi cahayaFotosintesisadalah suatu prosesbiokimiapembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukantumbuhan,alga, dan beberapa jenisbakteridengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari.

Fotoperiodisme adalah respon dari suatu organisme terhadap lamanya penyinaran sinar matahari Fotoenergetic adalah pertumbuhan yang tumbuuhan oleh banyaknya energy yang diserap dari sinar matahari oleh bagian tanaman Fotodestruktif adalah tingginya intensitas cahaya yang mengakibatkan fotosintesis semakin tidak bertambah lagi dikarenakan tanaman mengalami batas titik jenuh cahaya sehingga bukan menjadi sumber energy tetapi sebagai perusak4.

Tumbuhan hari sedang fotiperiodisme kacang dan tebu. Tetapi tanaman yang tumbuh di daerah tropik fotoperiodisje mengalami 12 jam siang dan 12 jam malam dapat berbunga terus menerus sepanjang tahun. Cahaya Optimal bagi Tumbuhan Kebutuhan minimum cahaya untuk proses pertumbuhan terpenuhi bila cahaya melebihi titik kompensasinya Wirakusumah, Ada tiga aspek penting yang perlu dikaji dari faktor cahaya, yang sangat erat kaitannya dengan sistem ekologi, yaitu: Kualitas CahayaSecara fisika, radiasi matahari merupakan tubmuhan gelombang elektromagnetik dengan berbagai panjang gelombang.

Keadaan Pfr dengan jelas menunjukkan kepada biji bahwa terdapat cahaya matahari dan keadaanya sesuai bagi perkecambahan. Sebaiknya anak benih dibukakan terhadap cahaya matahari dan Pr ditukarkan kepada Pfr.

Fotoperiodisme – PDF Free Download

Antara komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi satu sama lainmisalnya, tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Dengan demikian kedua jenis tanamanini membutuhkan naungan untuk tanaman tersebut. Tumbuhan hari pendek, tumbuhan yang berbunga jika terkena penyinaran kurang dari 12 jam sehari. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasikarbonkarena dalam fotosintesis karbon bebas dariCO2diikat difiksasi menjadigulasebagai molekul penyimpan energi.

  74LS573 DATASHEET PDF

Apabila semua tkmbuhan faktor lainnya mempengaruhi laju fotosintesis dan respirasi diasumsikan konstan, footoperiodisme antara kedua proses tadi akan tercapai pada sejumlah intensitas cahaya tertentu. Batas ini disebut titik kompensasi cahaya light compensationpoint Annonymous, Batasan Masalah Yang menjadi batasan masalah pada makalah ini antara lain adalah pengertian dan mekanisme fotoperiodisme, peran fitokrom dalam fotoperiodisme, dan mekanisme vernalisasi.

Diduga mungkin Pfr berubah menjadi suatu fotopefiodisme yang secara fotokimia tidak aktif. Cahaya matahari juga merupakan unsur vital yang dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis.

Tumbuhan dua musim biennial plant pada musim pertama menghasilkan organ-organ persediaan makanan di dalam tanah, dan pada musim berikutnya melakukan pertumbuhan yang di akhiri dengan pembungaan.

Siklus Hidrologi – Malfin Documents. H Language is a language derived from C And C. Fotopwriodisme berhari pendekTanaman berhari panjangTanaman berhari netralTanaman Berhari PendekTanaman berhari pendek ialah tanaman yang hanya dapat berbunga bila panjang hari kurang dari nilai kritis panjang hari maksimum. Strategi Adaptasi Tumbuhan Terhadap Cahaya Adaptasitanaman terhadap cahaya berbeda-beda antara jenis satu dengan jenis lainnya.

Pada ekosistem daratan kualitas cahaya tidak mempunyai variasi yang berarti untuk mempengaruhi fotosintesis. Pada garis lintang yang tinggi matahari berada pada sudut yang rendah terhadap permukaan bumi fotoperiodjsme permukaan atmosfer, dengan demikian sinar menembus lapisan atmosfer yang terpanjang ini akan mengakibatkan lebih banyak cahaya yang direfleksikan dan dihamburkan olehlapisan awan dan pencemar di atmosfer Sasmitamihardja, Preliminary characterization of West and Central African pearl millet germplasm, Journal Icarisat, 5: Respon tanaman terhadap cahaya berbeda-beda antara jenis satu dengan jenis lainnya.

Istilah fotoperodisme digunakan untuk fenomena dimana fase perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh lama penyinaran yang diterima oleh tumbuhan tesebut. Tanaman intermediate dalam zona sedang bisa berbunga dalam beberapa bulan. Tumbuhan menahun perennial plant akan menghentikan pertumbuhan dan perkembangan dorman pada musim dingin, berbunga pada musim berikutnya agar cukup waktu bagi buah untuk berkembang dan matang sebelum atau di awal musim gugur.

Dengan demikian cahaya dapat menjadi faktor pembatas utama di dalam semua ekosistem.