JURNAL SOLUSIO PLASENTA PDF

Retensio Plasenta. Total. P value. (OR) CI=95%. Not. Retensio. Plasenta .. Jagir Surabaya Tahun ,(Online), ( di akses. KARAKTERISTIK PERDARAHAN ANTEPARTUM DAN PERDARAHAN POSTPARTUM. Lulu, Gita, Harum & Endang. Hubungan Antara Umur Ibu Hamil dengan Frekuensi Solusio Plasenta di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. CDK,

Author: Vular Mezisho
Country: Iceland
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 24 November 2013
Pages: 121
PDF File Size: 7.14 Mb
ePub File Size: 2.77 Mb
ISBN: 703-6-29210-532-2
Downloads: 82338
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tojarn

SOP Perdarahan Antepartum patologi. Lp Hemoragik Antepartum lp.

KARAKTERISTIK PERDARAHAN ANTEPARTUM DAN PERDARAHAN POSTPARTUM | Londok | Jurnal e-Biomedik

Makalah Antepartum Bleeding solusio plasenta, plasenta previa dan vasa previa. Asuhan Keperawatan Pendarahan Antepartum. Antepartum Test Questions Full description. Waktu Perdarahan bukan punya saya. Angka tersebut masih cukup jauh dari tekad pemerintah yang menginginkan penurunan angka kematian maternal menjadi per Angka kematian maternal di Singapura dan Malaysia masing-masing 5 dan 70 orang per Perdarahan pada kehamilan harus selalu dianggap sebagai kelainan yang berbahaya.

Perdarahan pada kehamilan muda disebut keguguran atau abortus, sedangkan pada kehamilan tua disebut perdarahan antepartum. Batas teoritis antara kehamilan muda dan kehamilan tua ialah kehamilan 28 minggu dengan berat janin grammengingat kemungkinan hidup janin diluar uterus.

Perdarahan yang terjadi umumnya lebih berbahaya dibandingkan perdarahan pada umur kehamilan kurang dari 28 minggu karena biasanya hebat dan mengganggu sirkulasi O2, CO2 dan nutrisi dari ibu ke janin.

Penyebab tersering perdarahan pada trimester III, yaitu: Dapat meningkatkan kematian bagi ibu dan janin. Ini adalah salah satu penyebab pendarahan vaginal yang paling banyak pada trimester kedua dan ketiga. Plasenta previa biasanya digambarkan sebagai implantasi dari plasenta di dekat ostium interna uteri didekat serviks uteri. Data terbaru merekam dari plasenta previa tercatat didapat pada 2,8 kelahiran dari 1.

Antara tahun terjadi 37 kasus plasenta previa diantara persalinan yang terdaftar, atau kira-kira 1 dari persalinan. Dalam plasenta terdapat banyak pembuluh darah yang memungkinkan pengantaran zat nutrisi dari ibu ke janin, jika plasenta ini terlepas dari implantasi normalnya dalam masa kehamilan maka akan mengakibatkan perdarahan yang hebat. Hebatnya perdarahan tergantung pada luasnya area plasenta yang terlepas.

Perdarahan yang terjadi umumnya lebih berbahaya dibandingkan perdarahan pada umur kehamilan kurang dari 28 minggu karena biasanya disebabkan faktor plasenta, perdarahan dan plasenta biasanya hebat dan mengganggu sirkulasi O2, CO2 dan nutrisi dari ibu ke janin.

Misalnya pada plasenta previa yang disebabkan abnormalitas lokasi implantasi plasenta, solusio plasenta yang disebabkan terlepasnya plasenta dari tempat implantasinya yang normal dalam rahim sebelum waktunya ataupun vasa previa.

Perdarahan setelah kehamilan 22 minggu biasanya lebih banyak dan lebih berbahaya daripada sebelum kehamilan 22 minggu, oleh karena itu perlu diberikan penanganan yang berbeda. Pada setiap perdarahan antepartum pertama-tama harus selalu dipikirkan bahwa hal itu bersumber pada kelainan plasenta. Plasenta previa Plasenta previa adalah keadaan dimana plasenta berimplantasi pada tempat abnormal, yaitu segmen bawah rahim sehingga menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir.

Pada keadaan normal plasenta terletak dibagian atas uterus. Solusio plasenta Solusio plasenta adalah terlepasnya plasenta yang letaknya normal di korpus uteri yang terjadi setelah kehamilan 20 minggu dan sebelum janin dilahirkan. Yang dapat termanifestasikan dalam perdarahan pervagina, peningkatan kontraksi uterus dan distres pada fetus yang dapat berakibat pada kematian ibu dan janin. Solusio Plasenta1 4 3.

Perdarahan antepartum yang belum jelas sumbernya, mungkin disebabkan: Vasa previa adalah keadaan dimana pembuluh darah umbilikalis janin berinsersi dengan vilamentosa yakni pada selaput ketuban. Bukan dari kelaianan plasenta3 Misalnya didapatkan kelainan serviks dan vagina, dapat diketahui bila dilakukan pemeriksaan dengan spekulum yang seksama.

  EINSTUFUNGSHILFE LEITFADEN PDF

Kelainan yang tampak ialah: Erosio portionis uteri 2. Carcinoma portionis uteri 3. Polypus cervicis uteri, varices vulvae, dan trauma. Disini penulis hanya akan membahas perdarahan antepartum yang bersumber dari kelainan plasenta yaitu tentang plasenta previa dan solusio plasenta dan pemeriksaan penunjang ultrasonography untuk mendukung diagnosa. Kelainan Letak Plasenta1 Keterangan: Plasenta previa totalis1 b Plasenta previa lateralis, bila sebagian pembukaan tertutup oleh jaringan plasenta.

Plasenta previa lateralis1 c Plasenta previa marginalis, bila pinggir plasenta berada tepat pada pinggir pembukaan. Plasenta previa marginalis1 7 d Plasenta letak rendah bila plasenta yang letaknya abnormal di segmen bawah uterus, akan tetapi belum sampai menutupi pembukaan jalan lahir.

Pinggir plasenta kira-kira 3 atau 4 cm diatas pinggir pembukaan, sehingga tidak akan teraba pada pembukaan jalan lahir. Letak plasenta normal B. Plasenta letak rendah Gambar 7.

Plasenta letak rendah19 2. Perdarahan keluar External hemorrhage Diakibatkan terlepasnya plasenta bagian perifer tepian dan membran di antara plasenta dan kanalis servikalis terlepas dari desidua yang di bawahnya. Sehingga perdarahan yang terjadi dapat tampak pervaginam.

Gejala klinis sesuai dengan jumlah kehilangan darah, tidak terdapat ketegangan uterus, atau hanya ringan. Perdarahan tersembunyi Concealed hemorrhage Diakibatkan terlepasnya plasenta bagian sentral, sedangkan perdarahan yang terjadi sifatnya retroplasenta.

Gejala yang terjadi, tidak terdapat perdarahan pervaginam, uterus tegang dan hipertonus, sering terjadi fetal distress berat. Perdarahan kombinasi Combined hemorrhage Terjadi perdarahan baik retroplasental atau pervaginam dan uterus tetanik. Solusio plasenta totalis 2.

perdarahan antepartum – PDF Free Download

Solusio plasenta partialis 9 Gambar 8. Perdarahan pada solusio plasenta17 Dikutip dari slide Deering SH. Abrupto Placentae Gambar 9. Perdarahan berhubungan dengan adanya perkembangan segmen bawah uterus pada trimester ketiga. Plasenta yang jurnall pada area ini akan rusak akibat ketidakmampuan segmen bawah rahim. Kemudian perdarahan akan terjadi akibat ketidakmampuan segmen bawah rahim untuk berkonstruksi secara adekuat.

Solusio Plasenta Penyebab primer solusio plasenta belum diketahui secara pasti. Riwayat plasenta previa sebelumnya 2. Riwayat seksio cesarea 3.

Umur ibu yang telah lanjut, wanita lebih dari 35 tahun 6. Adanya jaringan rahim pada tempat yang bukan seharusnya. Misalnya dari indung telur setelah kehamilan sebelumnya atau endometriosis.

Adanya trauma selama kehamilan Misalnya pada penelitian yang dilakukan Pritchard dan Colleagues melaporkan insidensi terjadinya solusio plasenta lebih tinggi pada multiparitas, sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Toohey dan Associates tidak menemukan pengaruh multiparitas dan insidensi terjadinya solusio plasenta. Moerwadi Surakarta tahundilaporkan bahwa tingginya frekuensi solusio plasenta terjadi plxsenta multiparitas dibanding nulipara.

Dan diduga hal ini diakibatkan dari deplesi intravaskular dan pengisian yang tidak adekuat. Sibai dan co-workersAnanth dan associatesZetterstrom dan colleagues Hal ini dapat dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Bingol dan Addis Karena kokain dapat 13 menyebabkan peningkatan katekolamin dan hipertensi yang akhirnya akan menyebabkan vasospasme pembuluh darah uterin sebagai penyebab solusio plasenta.

Rice solusi penelitiannya tahun menemukan 8 dari 14 wanita dengan myoma uteri retroplasenta akan berkembang menjadi solusio plasenta sedangkan soluusio lainnya akan berakhir dengan kejadian 4 bayi lahir mati. Sedangkan hanya 2 dari 79 soludio dengan kasus myoma uteri non retroplasenta yang berkembang menjadi solusio plasenta. Trombofilia yang diturunkan ataupun didapatkan selalu mempunyai korelasi langsung pada kasus thromboembolik dalam kehamilan yang akhirnya akan berasosiasi sebagai penyebab terjadinya solusio plasenta dan preeklampsia, hal ini ditemukan oleh Kenny Hal ini ditemukan pada berbagai sumber dari laporan penelitian yang dilakukan.

  HDMODELS CARS VOL.1 PDF

Pada penelitain yang terakhir oleh Rasmusen dan Irgens dengan Dengan pertumbuhan dan penambahan plasenta, perkembangan plasenta dapat menutupi mulut rahim cervical os. Bagaimanapun juga, diperkirakan bahwa suatu vaskularisasi decidua jaringan epitel endometrium juenal 14 terjadi di atas over serviks, mungkin ini sekunder terhadap inflamasi atau perubahan atrofik.

Sebagian plasenta yang sedang mengalami perubahan atrofik dapat berlanjut sebagai vasa previa. Sebagai penyebab penting perdarahan pada trimester ketiga, plasenta previa memberikan gambaran sebagai perdarahan tanpa disetai rasa nyeri painless bleeding.

Perdarahan ini dipercaya memiliki hubungan dengan perkembangan segmen bawah rahim the lower uterine segmen pada trimester ketiga. Tambahan attachment plasenta terganggu distrupted karena daerah ini segmen bawah rahim menipis secara bertahap dalam rangka persiapan untuk permulaan kelahiran the onset of labor.

Thrombin yang dilepaskan dari area perdarahan memacu promotes kontraksi uterus dan timbulnya lingkaran setan vicious cycle: Decidua yang terobek melepaskan lapisan tipis yang terpisah dari myometrium. Yang sebagai jurnql pada stage awal akan berkembang pada hematoma desidual, terlepasnya plasenta, terjadi penekanan dan berakhir pada rusaknya plasenta yang beruntun.

KARAKTERISTIK KEJADIAN SOLUSIO PLASENTA DI RSUD PURBALINGGA PERIODE TAHUN 2001 – 2006

Mekanisme Terjadinya Solusio Plasenta9 Dikutip dari Williams Obstetric 23rd Edition 15 Pada p,asenta awal, mungkin saja tidak ditemukan gejala dan separasi dapat ditemukan ketika dilakukan pemeriksaan pada plasenta akibat penekanan pada permukaan maternal plasenta. Yang dapat tergambar sebagai daerah berwarna gelap yang terbentuk dari darah yang beku dengan diameter beberapa centimeter pada permukaan plasenta.

Foto Solusio Plasenta Partialis dengan Gambaran Darah Beku9 Dikutip dari Williams Obstetric 23rd Jugnal Perdarahan dapat terjadi dari pembuluh darah plasenta atau uterus yang membentuk hematoma di desidua sehingga plasenta terdesak dan akhirnya terlepas.

Perdarahan berlangsung terus-menerus karena otot uterus yang telah meregang oleh kehamilan tidak mampu lebih berkontraksi untuk menghentikan perdarahan. Sebagian darah akan menyeludup di bawah selaput ketuban keluar dari vagina, atau menembus selaput ketuban masuk ke dalam kantong ketuban atau ekstravasasi diantara serabut-serabut otot uterus. Hal ini disebut uterus couvelaire. Foto Uterus Courvelaire, tampak Uterus Berwarna kebiruan Dikutip dari Williams Obstetric 23rd Edition9 16 Nasib janin tergantung dari luasnya plasenta yang terlepas dari dinding uterus.

Apabila sebagian kecil yang terlepas, mungkin tidak berpengaruh sama sekali atau mengakibatkan gawat janin.

Makin lama selang waktu solusio plasenta sampai persalinan selesai, umumnya makin hebat komplikasinya. Ultrasonografi penentuan letak plasenta dengan cara ini ternyata sangat tepat, tidak menimbulkan bahaya radiasi bagi ibu dan janinnya dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Dari anamnesa perlu ditanyakan beberapa hal seperti: Menyangkut tanda-tanda vital seperti; tekanan darah hipertensinadi takikardi dan respirasi juga katerisasi urine volume dan warna. Pada pemeriksaan luar seperti tinggi fundus uteri cenderung lebih tinggi daripada usia kehamilan yang dapat menunjukan adanya perdarahan retroplasentakonsistensi dinding perut yang meningkat disertai adanya nyeri, kesulitan melakukan palpasi untuk menentukan bagian janin akibat kontraksi uterus, bunyi jantung anak yang menunjukkan kesajahteraan janin dalam uterus.

Sedangkan pada pemeriksaan pervaginal seperti inspekulo dan pemeriksan dalam bertujuan untuk melihat apakah perdarahan berasal dari ostium uteri eksternum atau dari kelainan serviks dan vagina seperti erosi porsio uteri, kanker serviks, varises vulva dan trauma.